Fatwa HalalSain HalalUpdate

Hukum Penggunaan Partikel Emas Dalam Produk Kosmetika Bagi Laki-Laki

Assalamu’alaikum Sobat Halal-Mu

Ajaran Islam menganjurkan untuk berhias (tazayyun), dan kosmetika telah menjadi salah satu kebutuhan manusia pada umumnya, yang harus diperhatikan yaitu kosmetika yang akan digunakan oleh setiap muslim harus berbahan halal dan suci.

Perkembangan teknologi telah mampu menghasilkan berbagai produk kosmetika yang menggunakan partikel emas. Bagaimana hukumnya penggunaan partikel emas dalam produk kosmetika bagi laki-laki?

Firman Allah SWT antara lain:

Wahai anak cucu Adam, pakailah perhiasan yang bagus pada setiap masuk mamsjid, makan dan minumlah tetapi janganberlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (QS. Al-A’raf, 7: 13)

“Katakanlah: ‘Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba – hamba-Nya dan (siapakah yang mengharamkan) rezki yang baik?’ Katakanlah: ‘Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat.’ Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui” (QS. al-A`raf [7]: 32)

  1. Partikel emas adalah bagian terkecil dari emas.
  2. Partikel emas berasal dari garam emas (yang biasa ditemukan di alam), kemudian direduksi sehingga didapatkan partikel emas murni (Au). Partikel emasi ini kemudian diproses lanjut sehingga dihasilkan partikel emas dalam ukuran yang sangat kecil (nano partikel). Partikel emas ini kemudian dilarutkan dalam bahan cair. Larutan yang berisi partikel emas ini kemudian digunakan sebagai bahan kosmetik.

Hukum penggunaan kosmetika yang mengandung bahan partikel bagi laki-laki

Hukumnya boleh dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Dimaksudkan untuk kepentingan yang dibolehkan secara syar’i.
  2. Ada kemanfaatan dan aspek bahaya (madlarrat) dalam penggunaan partikel emas telah hilang (tidak membahayakan).

Semoga bermanfaat

Halal is Our Need, Our Quality and Our Choice

Sumber: Fatwa MUI Nomor 47 Tahun 2018 tentang Penggunaan Partikel Emas Dalam Produk Kosmetika Bagi Laki-laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *