AnnouncementFoodNewsSertifikasi HalalUpdate

Restoran di Hotel perlu Sertifikat Halal

Assalamu’alaikum Sobat Halal Mu

Bisnis perhotelan kini sudah semakin meningkat di Indonesia dan kemungkinan akan semakin bertambah setiap tahunnya. Dimana setiap hotel sudah memiliki fasilitas dapur atau resto nya sendiri. Tahukah sobat bahwa restoran pada hotel tersebut wajib bersertifikat halal? Berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (kemudian diubah menjadi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja) menyebutkan bahwa setiap produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia sejatinya wajib bersertifikat halal.

Restoran untuk Hotel perlu memiliki sertifikasi Halal yang diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Dapur pada resto hotel tersebut hanya dikhususkan untuk produksi halal, begitu juga dengan fasilitas peralatan penyajiannya hanya dikhususkan untuk menyajikan produk halal.

Restoran harus bersertifikat halal merupakan salah satu fokus dari program Wajib Halal Oktober (WHO) 2024. Kementerian Agama melalui BPJPH memberi batasan bagi tiap restoran untuk mendapatkan serifikat halal paling lambat 18 Oktober 2024. Jika tidak, akan ada sanksi administrasi, denda, hingga ditarik dari peredaran. 

Tentunya dengan diperolehnya sertifikat halal oleh Hotel akan memberikan rasa aman dan nyaman pada pelanggan dalam mengonsumsi produk yang dihasilkan oleh Hotel tersebut. Mari kita lebih menyadari betapa pentingnya kebersihan dan kehalalan dalam industri perhotelan dan restoran. Fokus sertifikasi tidak hanya pada produk akhir, tetapi juga proses pembuatannya. Mari tingkatkan kesadaran akan keamanan dan kualitas dengan memilih tempat yang telah bersertifikat Halal.

LPH-KHT Muhammadiyah telah melakukan sertifikasi halal pada beberapa pelaku usaha Restoran, Rumah Sakit, maupun produk lainnya.

Halal is Our Need, Our Quality and Our Choice!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *