FoodSertifikasi HalalUpdate

No Pork, No Lard, No Mirin, Sudah Pasti Halal?

Assalamu’alaikum Sobat Halal-Mu

Sobat halal-Mu, apakah sobat suka makan di restaurant berkonsep all you can eat atau yang biasa kita sebut AYCE. Biasanya di restaurant berkonsep AYCE mencantumkan No Pork dan No Lard. Apasih pork dan lard itu? Pork adalah daging babi dan lard adalah lemak babi. Lalu ada juga beberapa restaurant yang mencatumkan No Mirin. Lalu apakah mirin itu? Mirin merupakan bumbu dapur khas Jepang berupa cairan beralkohol berwarna kuning yang serupa dengan wine.

Biasanya mirin dicampur dibeberapa makanan khas jepang seperti pada sushi. Dan pada restaurant AYCE biasanya menu daging banyak yang dimarinasi menggunakan mirin untuk menghilangkan bau amis pada daging. Selain itu banyak juga daging yang di marinasi dengan sake masak. Sake masak adalah hasil fermentasi beras putih yang juga digunakan untuk menhilangkan rasa amis pada ikan dan daging yang biasanya juga mengandung alcohol.

Berdasarkan pnegertian dari beberapa bahan diatas, menurut Sobat Halal-Mu apakah No Pork No Lard No Mirin sudah pasti halal? Jawabannya belum tentu halal ya sobat. Lalu bahan apa saja yang ditambahkan pada menu yang akan disajikan, misal pada restaurant Jepang banyak menu yang mengandung shoyu yang ada kandungan alkoholnya. Selain itu, proses penyimpanan daging dan bahan lainnya harus terpisah dari bahan yang diharamkan. Lalu untuk di restaurant AYCE ada menu dessert, maka dipastikan menu tersebut tidak memakai rum sebagai salah satu bahannya. Dari segi thayyibnya adalah pada proses produksi dan tempat penyimpanannya bebas dari Najis dari hewan seperti kecoa dan tikus atau tidak.

Halal bukan hanya soal daging babi, tapi juga proses penyembelihan dagingnya, baik dilakukan di rumah potong hewan yang sudah menerapkan pemotongan secara syariat islam maupun tidak. Kemudian proses memasaknya juga harus diperhatikan. Apakah alat-alat tersebut digunakan bersama-sama untuk menyiapkan makanan dengan bahan yang tidak halal? Konsep makanan halal berkaitan dengan cara pengolahan, bahan yang digunakan, dan terpenuhinya syarat-syarat tertentu yang diatur dalam Al-Quran dan Hadits Nabi Muhammad SAW.

Bagaimana sobat Halal-Mu? No Pork, No Lard dan No Mirin tidak menjamin bahwa restaurant tersebut halal ya Sobat. Solusi terbaiknya adalah memilih restoran yang  memiliki sertifikasi halal resmi. Restoran yang melalui proses sertifikasi ketat dari BPJPH dapat menjamin proses penyiapan dan penyajian makanannya memenuhi prinsip halal. Yuk lebih aware dalam mengonsumi apa yang masuk ke tubuh kita sehingga apa yang kita makan baik untuk tubuh dan makanan halal yang diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh kita sudah sesuai menurut aturan pangan yang ditetapkan dalam  Islam.

Halal is Our Need, Our Quality and Our Choice!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *